Hadapi Pemilu, Jaga Netralitas dan Ciptakan Situasi Kondusif

Sebagai sarana penyusunan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, terciptanya Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan, diselenggarakan Rakor Pengendalian Pembangunan Daerah Kabupaten Bantul Triwulan IV Tahun Anggaran 2023, di Mandhala Saba Madya Kompleks Parasamya Kabupaten Bantul pada Selasa (13/2/2024). 

Menurut Nur Indah Isnaini, Kepala Bidang Riset Inovasi dan Pengendalian Bappeda Kabupaten Bantul, diselenggarakannya evaluasi kinerja perangkat daerah diharapkan menjadi salah satu motivasi perangkat daerah untuk melakukan refleksi, evaluasi, dan upaya terobosan untuk memastikan pencapaian dan peningkatan kinerja di tahun-tahun mendatang.

Banyak hal yang telah dicapai pada Tahun 2023, diharapkan seluruh jajaran perangkat Pemerintah Kabupaten Bantul terus dapat meningkatkan sinergitas, kolaborasi dan semangat kerjanya untuk meningkatkan capaian indikator kinerja pemerintah, sehingga pada tahun mendatang seluruh indikator kinerja dapat tercapai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja, memaparkan beberapa catatan dan rekomendasi, salah satunya mengoptimalkan sistem kerja untuk mengatasi kekurangan SDM dengan membentuk tim kerja dan penugasan lintas OPD/bagian/bidang. 

“Sinergi dan kolaborasi lintas sektor, antar wilayah sangat dibutuhkan dalam penanganan kemiskinan, Reformasi Kalurahan, dan penangan lingkungan hidup. Terkait Pemilu, mari kita jaga netralitas ASN, Lurah, perangkat desa, pegawai BUMD dan ciptakan situasi kondusif,” tegas Agus Budi Raharja. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengajak untuk mengubah paradigma dalam penyusunan rencana kerja, dari merencanakan kegiatan berubah menjadi merencanakan keberhasilan sehingga realisasi APBD akan efisien dan tepat guna. 

“Ke depan kita akan memfokuskan APBD pada peningkatan infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia, karena belanja modal infrastruktur memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan investasi dan ekonomi, sedang sektor pembangunan Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap peningkatan daya saing dan kemajuan masyarakat Bantul,” pungkas Halim. (Pg)

Berbagi:

Pos Terbaru :