Melebihi Target, Jumlah Transaksi di Bantul Creative Expo 2024 Capai 2,9 Miliar

Gelaran Bantul Creative Expo 2024 yang telah berlangsung selama sebelas hari sejak tanggal 25 Juli 2024 hingga 4 Agustus 2024 akhirnya ditutup. Kegiatan bertema Kreativitas berkelanjutan untuk Kesejahteraan yang diselenggarakan di Pasar Seni Gabusan, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon ini merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah Kabupaten Bantul dalam melindungi, memperdayakan, dan memajukan produk UMKM dengan pendayagunaan potensi lokal untuk peningkatan kreativitas, inovasi, dan promosi baik tingkat regional, nasional dan  internasional.

Menurut Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Fenty Yusdayati, selama sebelas hari gelaran Bantul Creative Expo ini, telah dikunjungi lebih dari 131 ribu orang, baik dari masyarakat Bantul, maupun dari luar Bantul, bahkan warga negara asing. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 128.972 pengunjung. Sementara itu, jumlah transaksi di Bantul Creative Expo pada tahun ini juga mengalami kenaikan yang signifikan. 

“Dengan pengunjung sebanyak itu maka transaksi penjualan secara langsung tercatat mencapai 2,9 miliar rupiah. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 2,4 miliar,” ungkap Fenty. 

Selain sebagai sarana promosi UMKM masyarakat Bantul, gelaran Bantul Creative Expo juga menjadi ajang meningkatkan daya saing UMKM, dan tentunya memberikan hiburan bagi masyarakat dengan banyaknya hiburan yang disajikan setiap harinya. Pada acara penutupan Bantul Creative Expo tahun ini juga diumumkan berbagai kejuaraan yang digelar pada rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-193 Kabupaten Bantul. 

Selanjutnya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, memberikan apresiasi atas keberhasilan gelaran Bantul Creative Expo 2024 ini. Terbukti dengan adanya peningkatan pengunjung dan transaksi yang signifikan. Ia juga mengajak agar Bantul semakin dikuatkan sebagai daerah pariwisata, baik sport tourism maupun event tourism yang terbukti mampu memobilisasi sumber daya ekonomi. Ia mengajak agar seluruh masyarakat Bantul bersama-sama mendorong prestasi Kabupaten Bantul di berbagai bidang. 

“Marilah kita kuatkan Bantul sebagai daerah pariwisata, baik sport tourism maupun event tourism yang terbukti mampu memobilisir sumber daya ekonomi yang dimiliki Kabupaten Bantul. Terus berkreasi dan berprestasi untuk membangun Bantul yang kita cintai,” pungkas Halim. (Pg)

Berbagi:

Pos Terbaru :