Pandansimo Baru Salah Satu Tujuan Wisata Pantai di Bantul Yang Ideal

Pandansimo baru di dusun Ngentak yang berjarak 500 m dari pantai Pandansimo ke arah timur, terus berbenah menuju objek wisata pantai yang ideal. Kondisinya yang agak landai dengan garis pantai sepanjang 1,5 km memberi ruang gerak pada pengunjung untuk berrekreasi dengan sepeda motor ATV yang tersedia di sana. Pohon cemara udang di sepanjang garis pantai dengan luas 15 sampai 20 ha tumbuh subur, sehingga menciptakan suasana pantai yang rindang dan teduh.

Penataan lokasi pantai oleh Pokgiat Ngentak dengan tetap memelihara ruang terbuka di bawah rimbunnya pohon cemara udang, memproyeksikan Ngentak sebagai salah satu tujuan wisata pantai yang ideal. Di atas hamparan pasir yang bersih dan di bawah rindangnya cemara udang, membuat lokasi pantai Ngentak sangat romantis bagi keluarga, kelompok bermain maupun kelompok diskusi ataupun perorangan. Mereka yang senang bercengkerama di bawah rindangnya pohon cemara, tersedia tempat duduk dari bambu atau dapat menyewa tikar.

Menurut Dra. C. Susanti camat Srandakan yang ditemui di kantornya Selasa (02/11), pembenahan fasilitas Ngentak sebagai pantai tujuan wisata, terus berkelanjutan. Atensi desa Poncosari juga cukup besar yakni dengan mengalokasikan anggaran perkerasan jalan di lokasi wisata dalam APBDes. Pembangunan warung-warung kuliner dengan swadaya murni masyarakat, telah ditata oleh Pokgiat, untuk menjaga keserasian tata ruang objek wisata Ngentak. Untuk menghindari kemungkinan adanya warung remang-remang, Pokgiat dan Pokdarwis Ngentak dibawah arahan Kecamatan telah menetapkan bentuk bangunan harus dua pertiga bagiannya terbuka.

Pada bagian lain penjelasannya, Dra. C. Susanti juga mengatakan bahwa untuk memelihara kebersihan pantai, Pokdarwis setempat telah mempersiapkan bak-bak sampah dari karet ban bekas maupun beton sumur, baik hasil swadaya maupun bantuan BLH. Jumlah bak-bak sampah tersebut akan terus ditingkatkan. Untuk mengajak pengunjung ikut menjaga kebersihan objek wisata, di sana juga telah dipasang tulisan Pantaiku Bersih Tanpa Sampah. Pada event liburan, Kecamatan Srandakan telah merintis kerjasama dengan Dinas PU Bantul untuk mendatangkan truk sampah. Juga oleh Pokdarwis telah disiapkan 3 personil pembersih sampah di lokasi wisata, yang insentifnya dibayar dari iuran warung kuliner yang ada di sana.

Akses jalan menuju pantai Pandansimo Baru atau Ngentak, cukup luas dengan lebar jalan aspal 6 m dan lebar badan jalan 2 m, sehingga leluasa sekali bagi kendaraan roda empat bila berpapasan. Arah paling ideal menuju pantai Ngentak yakni dari Kecamatan Srandakan ke selatan menuju TPR Pandansimo kemudian belok ke arah timur sejauh 500 m. Beberapa fasilitas yang ada di sana antara lain : 35 warung kuliner yang beroperasi pada hari-hari libur dari 115 warung yang telah dibangun, 8 buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda untuk anak tingkat PAUD, TK, SD sampai kelas VI, sepeda motor ATV, ruang pertemuan dan TPI.

Pada akhir perbincangan kami, Dra. C. Susanti mengatakan; pantai Ngentak nantinya akan menjadi pantai kincir angin karena akan dibangun 48 buah kincir angin, kerja sama Kemenristek RI, Pemda Bantul dan UGM. Saat ini telah dibangun 2 kincir angin. Kincir-kincir tersebut sebagai pembangkit tenaga listrik untuk penerangan lokasi objek wisata, TPI dan warung-warung kuliner, pabrik es dengan kapasitas 1 ton per hari, menaikan air ke bak sumur renteng guna mengairi pertanian lahan pasir. Ngentak juga telah dijadikan lokasi lomba roket antar perguruan tinggi se Indonesia dan 2011 nanti untuk tingkat Asia. 500 m ke arah utara dari garis pantai, akan dibangun oleh LIPI sumur bio gas dari limbah kotoran ternak sapi sekaligus pembuatan pupuk organik. (Nura / Fernandez)

Berbagi:

Pos Terbaru :